Pendukung utama bagi tercapainya sasaran pembangunan manusia
Permasalahan:
Melihat tugas-tugas perkembangan anak yang salah satu diantaranya adalah beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME merupakan hal yang sangat diinginkan oleh para wali murid pada khususnya. Namun setelah melihat silabus KTSP SMA kelas XI untuk pelajaran agama hanyalah untuk pelajaran agama Islam saja, padahal telah diketahui bahwa disekolah-sekolah umum, tentulah murid-muridnya bukan hanya beragama Islam saja tetapi juga ada yang memeluk agama Hindu, Kristen, dan Budha.
Pertanyaan
Bagaimana bagi murid yang memeluk agama Hindu, Budha, dan Kristen jika pada saat mata pelajaran agama Islam sedang berlangsung, sedangkan mereka tidak mendapatkan materi agama yang ia anut. Apabila ia memilih didalam kelas maka secara otomatis ia akan mengikuti pelajaran agama Islam karena kelas tersebut digunakan untuk pelajaran agama yang mayoritas Islam, dan apabila mereka diluar kelas tanpa guru pembimbing sehingga anak tersebut akan merasa tidak diperhatikan tentang pendidikan agama yang ia anut dan secara otomatis anak tersebut tidak mendapatkan pengetahuan tentang agamanya serta dikhawatirkan anak tersebut tidak mengetahui mana yang dilarang dan mana yang diperbolehkan oleh agamanya sehingga anak itu berkepribadian yang buruk.
Solusi:
Setiap sekolah haruslah mempunyai guru khusus agama baik agama Budha, Kristen, dan Hindu, sehingga peserta didik akan mendapatkan pengetahuan mengenai ketuhanan yang mereka anut. Dan dampaknya mereka mempunyai kepribadian yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar